Melihat Isi Email Dengan ThunderBird Pada Dua OS

Disini aku memakai dua OS, linux (blankon 2.0) dan windows xp professional sp2. Untuk pemakaian email client pada mulanya aku memakai outlook express pada windows dan memakai Evolution pada linux. Di Kantor ada peraturan yang mengharuskan user untuk memakai POP3 sedangkan untuk user yang mobile yang diperbolehkan memakai IMAP, hal tersebut di karenakan kapasitas storage di server yang terbatas.

Karena aku memakai dua OS dan dua email-client yang berbeda maka aku putuskan untuk memakai satu aja email-client. Aku mencari-cari info email-client apa yang bisa jalan di dua OS, linux dan windows tanpa harus memindahkan data email, jadi aku pingin baik aku pake windows ataupun linux data email aku tetep sama tanpa harus import atau export data. Setelah berkelana dalam dunia maya dengan bantuan pendekar mata sakti “google” akhirnya ketemu juga, thunderbird nama email-client tersebut. Langkah-langkah yang aku lakukan sebagai berikut:

1. Aku mendownload thunderbird untuk windows dan aku putuskan untuk memilih portable thunderbird. Aku pilih ini karena aku tidak perlu install untuk menjalankan email-client ini. Tinggal bikin shortcut di dekstop dan sekali klik lansung deh nongol.

2. Download thunderbird untuk linux, yang ini ternyata juga enak (makanan kali) sekali aku klik langsung jalan.

3. Mengkonfigurasi thunderbird supaya menyimpan pada tempat yang sama baik ketika di windows ataupun ketika di linux. Pada windows tidak perlu ada perubahan konfigurasi karena memang aku pingin supaya tetep pada default portable thunderbird, sedang pada linux aku arahkan ke lokasi penyimpanan protable thunderbird. Cara konfigurasin yaitu:

secara default ketika memakai thunderbird pada linux, thunderbird akan membuat tempat penyimpanan di profile, klo dikomputer aku akan menyimpan di /home/miftach/.thunderbird/w04so9hx.default/Mail/Local Folders . Sedangkan pada windows terletak di D:miftachThunderbirdPortableDataprofileMailLocal Folders . Karena aku kepingin menyimpan di D:miftachThunderbirdPortableDataprofileMailLocal Folders maka aku rubah di linux supaya ke folder tersebut. Caranya:

Klik pada menu Edit>Account Settings maka muncul windows Account Settings

account setting

Pada jendela Account Settings pilih pada bagian Local Folders terus pada sisi sebelah kanan lihat tulisan Message Storage, dan dibawahnya ada tulisan Local Directory. Pada Local Directory tersebut ada combo text yang merupakan link dimana data email disimpan. kemudian ketik /media/WINXP/miftach/ThunderbirdPortable/Data/profile/Mail/Local Folders atau pilih browse dan arahkan ke folder /media/WINXP/miftach/ThunderbirdPortable/Data/profile/Mail/Local Folders.

select directory

Klik tombol Open pada window Select Local Directory kemudian pilih OK pada window Account Settings dan restart (tutup dan buka kembali) thunderbird. Eng… ing… eng… sekarang semua data telah terkumpul dalam satu folder yaitu di /media/WINXP/miftach/ThunderbirdPortable/Data/profile/Mail/Local Folders (yang tampil pada linux, jika pada windows akan terlihat seperti D:miftachThunderbirdPortableDataprofileMailLocal Folders, yang sebenarnya merupakan satu tempat hanya saja di linux tidak kenal yang namanya drive C, D, dst…). Karena sudah merujuk pada satu folder maka ketika aku memakai thunderbird di linux ataupun di windows maka data email yang aku lihat akan tetap sama sesuai dengan update terakhir.

Selamat mencoba….🙂🙂🙂😀😀😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: